Inilah 7 Bagian Dasar Mesin Sepeda Motor
pada umumnya mesin motor dapat berjalan dengan 3 faktor berikut:
- bahan bahar
- kompresi
- dan pengapian
apabila salah satunya mengalami masalah maka kinerja mesin tersebut akan terganggu bahkan tidak bekerja.
sebenarnya masih banyak komponen pada mesin motor yang belum kita ketahui, tapi saya akan membahas 7 (tujuh) bagian dasar pada mesin motor.
mesin tersebut dibagi menjadi beberapa bagian dasar yaitu :
1. crankcase
crankcase matic |
komponen ini biasanya berbahan dasar aluminium dengan sedikit campuran logam dan bisa disebut babet. fungsi crankcase itu sendiri sebagai wadah komponen lainnya seperti crankshaft atau kruk as (poros engkol) dan bagian lain didalamnya. crankcase ini juga termasuk tempat penampungan oli pada mesin.
2. crankshaft/porol engkol
crankshaft motor |
atau porol engkol yang biasa disebut oleh para mekanik kruk as, merupakan bagian utama pada crankcase yang berfungsi mengubah gerakan naik turun pada pada seher menjadi gerakan memutar, untuk lebih lanjut bisa baca artikel saya tentang pengertian crankshaft atau kruk as. bahan dasarnya berupa baja keras yang dicampur dengan nikel.
kerusakan pada komponen ini sangat berpengaruh pada kinerja mesin, tanda komponen tersebut sudah mulai rusak adalah bergetarnya motor saat rpm tinggi. getar yang melebihi dari biasanya.
3. blok silinder
blok silinder |
yang biasa disebut dengan blok seher ini merupakan sebuah tempat naik turunnya sebuah piston, yang perpegangan dengan bagian crankcase, luka yang dialami pada dinding blok silinder dapat membuat oli memasuki ruang bakar dan mengeluarkan asap putih pada knalpot.
komponen ini juga merupakan tempat tensioner pada motor yang berfungsi untuk menjaga ketegangan rantai keteng.
4. head silinder
head silinder |
yang biasa disebut dengan blok head adalah sebagai penutup dari blok silinder, dan merupakan tempat untuk komponen lainnya seperti noken as (camshaft), pelatuk, dan klep. pada bagian ini sering terjadi suara aneh seperti ngelitik dibagian komponen didalamnya, kenali asal suara aneh mesin. untuk mendeteksi kerusakan.
fungsi komponen itu adalah sebagai kepala atau otak dari mesin motor yang mengatur masuknya bahan bahar dan keluarnya sisa ledakan kompresi.
5. karbulator
karbulator |
merupakan tempat pencampuran bahan bahar dan udara, yang nanti akan diledakan di bagian kompresi pada mesin. apabila pencapurannya tidak sesuai maka akan membuat mesin kurang bertenaga, tapi dengan majunya teknologi sekarang karbulator sudah diganti dengan yang namanya injeksi. seperti motor beat injeksi yang sekarang.
6. blok kopling
komponen kopling |
bak kopling |
untuk yang ini hanya ada pada mesin bebek dan manual, bak kopling ini merupakan wadah untuk komponen kopling lainnya, seperti kampas kopling, rumah kopling, kampas ganda, dan masih banyak lagi komponen lain didalamnya. fungsi kopling itu sendiri sebagai pemutus dan penyambung putaran pada mesin.
7. gear rasio
rasio motor metic |
rasio motor bebek |
merupakan pembanding yang menunjukan tingkat besar kecilnya gigi transmisi, yang menentukan tenaga yang dihasilkan oleh gigi pada motor. lain ceritanya dengan rasio pada motor metik yang hanya memiliki satu set gigi rasio.
rasio yang sudah haus biasanya menimbulkan suara ngaung didalam mesin, panjangnnya nafas pada satuan gigi motor juga dipengaruhi oleh komponen ini.
dan masih banyak lagi bagian lain pada mesin motor yang belum dibahas, mungkin dilain waktu akan saya uraikan, yang saya bahas hanya 7 (tujuh) bagian dasar pada pada mesin motor, semoga membantu.
Baca Juga
Posting Komentar
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN SOPAN TANPA SPAM
DAN KOMENTAR ANDA AKAN SAYA HAPUS, JIKA :
» Menggunakan bahasa yang tidak sopan
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi