Pengertian Servis Besar dan Servis Ringan Sepeda Motor

Pengertian Servis Besar dan Servis Ringan Sepeda Motor

Gobengkel - Servis adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk menjaga kinerja dan performance sebuah kendaraan, pada umumnya servis pada motor terbagi menjadi 2 yaitu servis ringan, dan servis besar.

Untuk servis ringan biasanya dilakukan pada beberapa bagian seperti karburator, bagian kopling, ganti seher, dan servis bagian CVT, dll. yang hanya meliputi beberapa bagian pada motor.


Lain ceritanya dengan servis besar yang membongkar seluruh bagian mesin pada motor hingga menjadi 2 bagian, biasanya dibilang dengan turun mesin. dan dilakukan untuk keperluan mengganti bagian dalam komponen mesin motor.

berikut pengertian servis ringan dan servis besar pada kendaraan sepeda motor : 

servis ringan sepeda motor


servis ringan motor

Adalah sebuah perbaikan motor yang tidak perlu melakukan turun mesin sepeda motor dari kerangka. servis ringan pada sepeda motor meliputi pelepasan silinder head dan kepala silinder, serta melepas magnet pada bak mesin bagian kiri, pelepasan komponen kopling dan sistem pompa oli. Pengerjaannya meliputi pembersihan kerak pada ruang bakar, pembersihan sistem aliran bahan bakar dan pelumasan, kerak oli yang berada di dinding mesin juga harus dibersihkan dengan cairan bersih. 


Turun Mesin atau servis besar motor


servis besar motor

Turun Mesin, seperti dengan tujuannya turun mesin mengharuskan mesin turun dari bagian rangka motor. dan mengerjakannya tidak dapat dilakukan jika mesin sepeda motor masih berada di rangka motor. 

Umumnya turun mesin sepeda motor di lakukan karena ada pengerjaan pada bagian tengah mesin, seperti perbaikan pada kruk as atau crankshaft, gigi rasio (untuk motor manual), atau penggantian as kick starter. 

Langkah Kerjanya siapkan alat-alatnya sebagai berikut: 
  • kunci-kunci standar dan harus lengkap. 
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit dan tracker kopling 
  • bak ukuran kecil fungsinya buat tempat baut-baut agar tidak berantakan atau hilang.
  • bak ukuran sedang fungsinya untuk tempat komponen-komponen mesin seperti bagian magnet, kopling, head silinder dan lain-lain .
  • bensin 1 liter untuk membersihkan komponen pada mesin.
  • kain lap untuk membersihkan komponen mesin dan tangan.
  • balok kayu untuk menaruh mesin setelah diturunkan. 
  • kompresor untuk membersihkan komponen yang sudah dibersikan dengan bensin atau bisa juga menggunakan kain lap.
  • buku panduan jenis motor yang akan di servis.

nah untuk urutan proses bongkar mesin, setelah mesin di pisahkan dari rangka motor, maka proses pembongkaran mesin harus mengikuti petunjuk secara berurutan yaitu; 

  • mesin bagian kiri, komponennya blok magnit, magnit, gear stater, rante stater. 

  • mesin bagian atas, langkah berikutnya membuka mesin bagian atas, komponennya rantai keteng, head cilinder, pelatuk, noken as, klep, piston, dan blok silinder. 

  • mesin bagian kanan, setelah selesai membuka mesin bagian atas di lanjutan dengan membuka mesin sebelah kanan, komponennya blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set. 

  • mesin bagian tengah, langkah terakhir setelah membuka mesin bagian kanan di lanjutkan membuka mesin bagian tengah, komponennya gigi rasio, kick stater, kruk as, stang seher.


Jangan lupa kumpulkan baut dan komponen-komponen pada tempat yang berbeda untuk yang belum terlalu paham atau mengerti dan catatlah bagian-bagian yang dirasa belum dikuasai

sesuaikan dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat memasang kembali tidak salah atau tertukar. setelah semua selesai dibongkar, maka lakukan pemeriksaan pada komponen, dan ganti part yang sudah haus dan rusak. 

Susun secara berurutan dan sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan cairan pembersih atau karbu cleaner, catat part-part yang rusak dan pisahkan pada tempat yang berbeda, lakukan perbaikan jika masih layak di pakai atau lakukan penggantian part yang rusak. 

beberapa item part yang wajib di ganti pada saat melakukan belah mesin adalah ; 
  • gasket kit A (paking top set). 
  • gasket kit B (paking full set). 
  • oil seal stater kaki. 
  • oil seal operan gigi tranmisi atau persneling. 
  • oil seal gear depan. 
  • oli mesin 1 liter atau 0,8 liter


Urutan proses memasang atau merakit mesin. Tahapan untuk merakit kembali mesin yang sudah di bongkar, adalah kebalikan dari proses pembongkaran mesin yaitu diawali dengan memasang :
  1. Bagian tengah mesin. 
  2. Bagian kanan mesin. 
  3. Bagian atas mesin. 
  4. Bagian kiri mesin. 


Hal-hal yang harus di perhatikan saat merakit mesin: 

Bagian tengah mesin
Letakan bak mesin bagian kanan dibawah, saat akan merakit tengah mesin, pastikan kick starter sudah tepat pada dudukannya. 

Bagian atas mesin
Atur posisi ring seher agar tidak sejajar dengan ring oli, ring kompresi 1, dan ring kompresi 2 sehingga oli tidak memasuki ruang bakar mesin.

Tepatkan piston di posisi TMA(titik mati atas) atau istilah kerennya posisi top saat kepala silinder akan di pasang. 

pastikan semua komponen mesin dalam keadaan bersih, saat dalam proses bongkar mesin, dan merakit mesin. lakukan proses perakitan secara berurutan sesuai langkah di atas, 

untuk proses pemasangannya adalah kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari bagian tengah ke bagian kanan lalu bagian atas dan bagian kiri untuk yang terakhir.

setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sesuaikan dengan ukuran yang direkomendasikan dari pabrik. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok-blok mesin.

nah sekarang tinggal naikan mesin ke rangka untuk melakukan percobaan nyala mesin, mungkin sampai disini dulu yah. semoga artikel ini dapat membantu.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post