pengertian kopling pada sepeda motor dan jenisnya

pengertian kopling pada sepeda motor dan jenisnya

Mungkin sudah tidak asing lagi untuk kalian para pengendaraan dengan kalimat tersebut. Kata kopling berasal dari kata coupling yang kata dasarnya adalah couple dalam bahasa inggris artinya pasangan. 

kopling sepeda motor

nah untuk kopling itu sendiri merupakan bagian dari sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan atau memutuskan hubungan putaran pada kruk as atau poros engkol sepeda motor.


kopling itu terdiri atas dua bagian utama yaitu :

  • rumah kopling (clutch outer drum) yang ikut berputar dengan poros engkol, di gerakan oleh roda gigi pada ujung poros engkol.
  • pusat kopling (clutch center) yang dipasang pada ujung poros utama persneling. 


pada umumnya ada tiga jenis kopling yang biasa di pakai ;

  • kopling manual
  • kopling otomatis
  • kopling ganda


nah kita akan bahas satu persatu tentang 3 (tiga) jenis kopling diatas untuk cara kerjanya dan cara penyetelannya.


cara kerja kopling manual

kopling yang bekerja secara manual yang di lakuakan penekanan oleh filter, saat si pengendara menekan handel kopling. 


  • mekanisme kerja kopling manual


pada saat hendel kopling di tekan, clucth lifter penahan presure plate melalui lifter plate. hal ini akan menghasilkan terjadinya keregangan antara plate kopling dan kampas kopling, sehingga putaran kopling menuju tranmisi dan roda belakang terputus. 

proses berikutnya adalah, gigi transmisi di masukan, kemudian handle kopling di lepas secara berlahan-lahan, pada saat tersebut terjadi plate dan kampas kopleng kembali merapat secara berlahan-lahan, sehingga putaran mesin menuju tranmisi kembali di hubungkan untuk selanjutnya di teruskan keroda belakang melalui rantai roda. 

untuk mendapatkan cara kerja yang maksimal perlu dilakukan penyetelan baik pada handel kopling maupun lengan penekan.


  • ukur jarak main bebas kopling


untuk cara mengukurnya dengan memainkan tuas handle kopling maju mudur, dan perhatikan jarak bebasnya, jarak main bebas standarnya adalah 10mm sampai 20 mm.

Bila jarak main bebas kopling terlalu besar, pengoperasian atau pada waktu kita memasukan gigi transmisi, akan susah masuk dan kendaraan akan cenderung meloncat pada awal starter. 

Dan bila jarak main handle kopling terlalu kecil, akan menyebabkan kopling mudah slip.


  • Penyetelan pada sistem kopling manual


yang utama yaitu di lakukan pada lengan penekan kopling (clutch arm). Dengan cara melonggarkan mur pengunci (lock nut) terlebih dahulu.

kemudian memutar mur penyetel (nut adjustter) sesuai jarak main bebas standar.  Sebelum melakukan pada lengan penekan kopling (clutch arm). Posisi penyetel (ajuster) pada ujung kabel yang berada dihandle kopling,harus pada posisi ulir di sekrupkan full ( mentok). 

Cara menyetelnya singkapkan karet penutup, kemudian kendurkan baut pengunci dan putar penyetel sesuai jarak main bebas standar. Jika semua tips sudah dilakukan dengan sempurna. Tinggal dirasakan dan coba sesuai kebutuhan.



cara kerja kopling otomatis

kopling jenis ini bekerja berdasarkan adanya gaya sentrifugal saat mesin bekerja. sehingga untuk kopling otomatis tidak perlu lagi menggunakan handle kopling seperti halnya kopling manual. 


  • mekanisme kerja kopling otomatis


susunan pemasangan komponen-komponen pada kopling otomatis, akan menempatkan kampas kopling dan plate kopling merenggang, hal ini berbeda dengan susunan pemasangan komponen-komponen pada kopling manual. Dimana antara plate dan kampas kopling merapat. 

Pada saat mesin putaran langsam, kampas dan plate kopling masih merenggang, sehingga putaran mesin dari poros engkol belum terhubung menuju transmisi dan roda belakang. 

Pada saat putaran mesin bertambah, gaya sentrifugal bekerja pada clucth weight sehingga weight (bandul) bergerak menekan clucth plate, hal ini akan menghasilkan merapatnya kampas dan plate kopling, sehingga putaran mesin dari poros engkol akan dihubungkan ke transmisi dan akan dilanjutkan ke roda belakang. 


Pada saat kendaraan sedang berjalan, proses pemindahan gigi adalah sebagai berikut : 

  • sewaktu pedal persneling ditekan, handle kopling akan memutar lifter cam, sehingga posisi peluru pada ball retainer yang merapat dengan lifter cam akan berpindah tempat. 


  • Hal ini akan menyebabkan lifter cam terdorong dan selanjutnya akan mendorong clucth outer. 


  • Akibat terdorongnya clucth outer maka posisi clucth plate yang sedang ditekan oleh bandul, bergerak menjauhinya. 


  • Pada keadaan ini akan menyebabkan plat dan kampas kopling kembali merenggang, 


  • sehingga pengoperan gigi dapat mudah dilakukan, karena akibat merenggangnya kampas dan plate kopling, 


  • hal ini berarti putaran poros engkol ke transmisi terputus. 


Apabila tekanan pada pedal persneling dilepas kembali maka outher clutch kembali pada posisi semula, dan bandul kembali menekan clucth plate, sehingga plat dan kampas kopling kembali merapat, dan putaran poros engkol kembali dihubungkan ke TRANMISI. 

Pada cara kerja sistem kopling otomatis. sistem ini hampir semua jenis motor bebek sama cara menyetelannya, tinggal kita menemukan tempatnya. periksalah bak mesin kanan dan kiri di situlah tempat penyetelannya.  


  • Pemeriksaan kopling otomatis

hidupkan mesin dan masukan presneling ke gigi 1, kemudian pedal kopleng tetap ditekan pakek kaki.  gas tangan dibesar-besarkan sambil dirasakan, dan pastikan bahwa pada motor tidak boleh ada gerakan terlebih dahulu atau usaha untuk maju.  

periksa juga pergerakan pertama/start maju, jika tidak terasa ada sentakan atau hentakan dan pemindahan gigi disetiap tingkatan mudah dan lancar . Itu artinya kopling dalam keadaan normal.

Cara setel jarak main bebas persneling kopling otomatis :

  • Longgarkan mur pengikat.
  • putar baut pengikat searah jarum jam 1 putaran, 
  • kemudian dari posisi ini.
  • putar baut penyetel berlawanan arah jarum jam sampai terasa ada sentuhan.
  • kemudian putar kembali searah jarum jam 1/8 atau 1/4 putaran dan tahan penyetel.
  • kemudian kencangkan baut pengikat.


Bagian-bagian utama kopling otomatis :

  • CLUTCH OUTHER
  • DRIVE PLATE
  • CLUTCH WEIGHT
  • CLUTCH CENTER
  • DRIVE GEAR OUTHER
  • CLUTCH PLATE
  • CLUTCH DISC
  • BALL RETAINER



cara kerja Kopling ganda

Kopling ganda terdiri dari kopling primer yang bekerja berdasarkan gaya sentrifugal dan kopling sekunder yang bekerja secara KONVENTIONAL atau disebut juga SHIFT CLUTCH. hampir sama cara kerjanya dengan sistem cvt pada motor matik.

Bagian-bagian kopling primer: 

  • Clutch shoe (sepatu kopling) yang berputar mengikuti poros engkol. 
  • Clutch drume (rumah kopling) yang berhubungan dengan kopling konventional. 



  • Mekanisme kerja kopling ganda


pada saat poros engkol berputar rendah (mesin putaran langsam), clutch shoe (kampas kopling) belum mengembang, karena masih tertahan oleh per.

dengan demikian mangkok kopling juga belum berputar pada saat putaran mesin mulai meninggi, maka kampas kopling mulai mengembang karena adanya gaya sentrifugal.

dengan mengembangnya kampas kopling maka mangkok kopling akan ditekan (seperti pada proses rem tromol), sehingga mangkok kopling akan berputar yang akan meneruskan putaran kekopling skunder, dan kopling skunder akan melakukan proses, seperti halnya kopling manual yang telah jelaskan. 

Kopling ganda digunakan pada sepeda motor tipe cub (bebek), dengan tujuan untuk mengatasi hentakan pada saat sepeda motor masuk gigi satu pada awal start. 

perbaikan kopling dapat dilakukan tanpa menurunkan mesin. Kekentalan serta jumplah kapasitas oli didalam mesin, akan mempengaruhi sistim kerja kopling,  periksalah jumlah oli didalam mesin, apabila ada kelainan didalam kerja kopling, sebelum kopling diperbaiki. 

Untuk jenis kopling otomatis seperti yang digunakan pada tipe cub, pengunaan oli additive akan mempengaruhi cara kerja kopling, yaitu kopling akan lebih cepat slip, karena viscositas oli akan semakin licin. 

nah sekarang kalian sudah mengerti bukan apa itu kopling dan jenis kopling, semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post