Baca Ini Sebelum Reset Injeksi Motor

Baca Ini Sebelum Reset Injeksi Motor

Pada setiap sepeda motor injeksi apabila mengalami kerusakan pada system injeksi secara otomatis akan tersimpan dalam memori computer kecilnya yang biasa disebut sebagai ECU atau ECM, apabila dibiarkan dalam waktu yang lama dapat merusak komponen yang berkaitan dengan sistem injeksi tersebut.

Beberapa Hal Sebelum Mereset Injeksi Motor

Nah, biasanya pada setiap sepeda motor injeksi memberikan kode MIL (malfanction indicator lamp) maksudnya kedipan pada spidometer. Kode MIL ini berfungsi sebagai tanda adanya kegagalan pada program ECU atau ECM, yang bersumber dari komponen, sambungan kabel dan sebagainya yang mengalami kerusakan.

Kenapa Perlu Reset Pada Sepeda Motor Injeksi

Seperti yang sudah saya bahas diatas. Jika ECM terlalu banyak menyimpan kode kerusakan atau kegagalan program dalam jangka waktu yang lama maka ECM atau ECU akan rusak dan perlu diketahui harga ECM lumayan merogoh kocek lumayan dalam.

Apakah kode kerusakan bisa lebih dari satu?
Tentu saja bisa dan hal ini sering terjadi.


Gejala Sepeda Motor Injeksi Perlu Direset

Sebelum semuanya terlambat maka harus lebih peka dengan kondisi kendaraannya dan jangan menunggu sampai berlarut larut untuk melakukan tindakan, lebih jelasnya tentang gejala injeksi sebagai berikut:

  • Adanya kedipan MIL pada indicator spidometer, ini paling gampang ditebak atau dilihat secara visual.

  • Tarikan motor terasa sangat berat atau mberebet alias ngempos ngga ada tenaganya, padahal tekanan ban sudah pas, filter udara bersih, busi masih bagus.

  • Putaran stasioner atau langsam yang tidak stabil, biasanya langsam naik turun akibatnya sepeda motor sering mati atau mogok.

  • Akselerasi atau respon motor lambat saat buka gas.


Cara Reset ECM atau ECU

Sebenarnya setiap pabrikan menyiapkan special tool atau alat khusus untuk mereset kode kerusakan yang tersimpan pada ECU atau ECM yang biasa disebut sebagai scanner, tapi terkadang pabrikan memberikan kemudahan untuk mereset sepeda motor injeksi dengan cara manual.

Untuk sepeda motor Yamaha harus memakai special tool, tapi kalau untuk sepeda motor honda bisa dilakukan secara manual.

Cara Reset Injeksi Sepeda Motor Honda pakai cara manual dengan hasil yang sangat joss. Cara ini bisa dipakai untuk semua sepeda motor injeksi merk Honda dari honda supra x 125 fi, honda supra x 125 helm in, honda beat fi, honda beat esp, honda vario 125, honda vario 110 fi, honda vario 150, honda cb150r, honda cbr150r, honda verza, honda megapro fi, honda spacy, honda scoopy fi, honda scoopy esp, honda pcx 150, honda revo fi, honda blade fi, dan masih banyak lainnya.


Sebelum melakukan reset pastikan dulu sumber dari kode kerusakan telah diperbaiki, jika belum diperbaiki maka kemungkinan besar reset yang akan dilakukan gagal total.

Karena saat sepeda motor dihidupkan kode kerusakan tersebut akan muncul kembali karena belum dilakukan perbaikan pada sumber masalah tersebut. Baca artikel saya tentang kedipan kode mil pada motor honda.

Setelah sumber masalah diperbaiki cari posisi DLC, untuk tipe esp dari beat dan vario bisanya letaknya dekat dengan batrey atau accu sedangkan sport biasanya terletak dibawah jok dekat sekring fuse.

Nah, sekian dulu artikel tentang Beberapa Hal Sebelum Mereset Injeksi Motor. Untuk lebih lanjutnya baca artikel tentang cara reset manual injeksi honda.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post