Cara merawat fuel pump sepeda motor

Cara merawat fuel pump sepeda motor

Seperti yang kalian tahu bahwa komponen ini sangat berpengatuh untuk sepeda motor injeksi. Tugas fuel pump adalah untuk memompa bahan bakar dari tanki ke injektor dengan melalui selang bahan bakar. 

Merawat fuel pump sepeda motor

Apabila fuel pump atau pompa bahan bakar tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan, maka bisa membuat bahan bakar yang keluar terhambat, dan membuat kendaraan mati tiba-tiba.


Cara untuk mengetahui fuel pump bekerja atau tidak sebenarnya cukup mudah diantaranya :

  • Putar kunci kontak on lalu pastikan ada bunyi dengung atau getaran pada tangki bahan bakar, apabila tidak ada sama sekali bunyi dengung dan getaran pada tangki bahan bakar, berarti ada masalah pada fuel pump tersebut.
  • Untuk cara ini cukup sulit karena harus mempunya tool khusus yaitu fuel pressure guage untuk mengukur preasure atau tekanan pada fuel pump tersebut, dan harus tahu ukuran standar tekanan fuel pump pada sepeda motor yang akan di ukur. Contohnya honda beat fi lama standart preasure 294 kpa, yamaha mio j standart preasure 324 kpa.




Pemeriksaan aliran bahan bakar


Untuk cara ini juga bisa dibilang lumayan sulit karena harus melepas fitting conect. Dan melepasnya harus sangat hati – hati karena jika salah sedikit bahan bakar akan bocor, karena biasanya terjadi kerusakan di fitting connect tersebut.

Setelah fitting connect di lepaskan untuk mengukur jumlah bensin yang akan keluar dari fitting connect tersebut, kemudian putar kunci kontak ke ON. Bensin akan menyemprot sedikit sampai habis kemudian putar OFF lagi, lakukan proses tersebut sampai 5 kali maka jumlah bensin yang keluar dari fitting connnect tersebut kurang lebih 70 cm kubik.

Untuk yang 5 kali pertama jangan di jadikan patokan ukur karena masih tersimpan bahan bakar di dalam selang bahan bakar. Sebaiknya 5 kedua dan ketiganya baru bisa dijadikan ukuran untuk melakukan tes.


Cara merawat fuel pump sepeda motor agar awet

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menguras tangki bahan bakar secara rutin, terutama untuk motor jenis batangan atau sport. Karena biasanya sering terdapat air entah itu dari air ujan atau keseringan di cuci steam.

Sebaiknya parkir motor pada tempat yang terdapat atapnya untuk menghindari air hujan agar tidak langsung ke motor. Dan hati hati saat mencuci sepeda motor entah itu di cuci sendiri atau cuci staem, usahakan jangan langsung menyemprot ke tutup tangki sepeda motor, karena dapat membuat air bisa masuk kedalam tangki bahan bakar melalui saluran pernafasan tutup tangki walaupun besar lubangnya sebesar jarum.


Pilih pilih bahan bakar, sebaiknya gunakan bahan bakar non timbal karena lebih bersih, dan meminimalisir penyumbatan pada filter bahan bakar karena kotoran / zat asing di bahan bakar tersebut.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post