Cara hilangkan gredek pada vario 125 dan 150

Cara hilangkan gredek pada vario 125 dan 150

Untuk motor yang mungkin sudah berusia tahunan biasanya timbul berbagai gejala kerusakan, apalagi kalau jarang melakukan servis rutin bulanan.

Nah tapi berbeda dengan motor yang satu ini,

Yang mana saat baru beberapa bulan motor ini sudah mengalami gredek atau getaran pada bagian CVT nya. Yang umumnya dapat dirasakan pada tarikan gas pertama, tetapi saat sudah berjalan getaran itu seketika menghilang.

Nah berikut gobengkel akan menjelaskan solusi untuk motor vario yang mengalami gredek pada bagian cvt nya.

Pertama yang harus dilakukan adalah cek terlebih dahulu komponen pada bagian CVT. Yang paling sering menjadi sumber utama nya terdapat pada bagian kampas ganda.

Salah satunya bisa menggunakan kampas ganda kepunyaan yamaha NMAX. Karena kampas ganda ini dapat langsung dipasang pada motor vario 125cc atau 150cc tanpa ada perubahan apapun.

Untuk bagian fisiknya meskipun terlihat sekilas sama, akan tetapi apabila diperhatikan lebih detail ternyata kampas ganda NMAX mempunyai daging yang lebih panjang. Dan bisa dilihat pada gambar dibawah ini :


Perbedaan kampas ganda vario dan nmax


Nah bisa dilihat bukan? Yang atas adalah milik vario 125 atau 150. Dan yang bawah adalah milik yamaha NMAX.

Penyebab lain yang dapat menimbulkan getaran pada CVT adalah bagian piece set slide yang berada pada bagian tutup rumah roller yang terbuat dari karet. Contohnya lihat gambar dibawah ini :


Piece set slide honda


Kerusakan pada part ini yang membuat roller tertahan saat naik yang membuat tidak seimbang.

Untuk part ini bisa menggantinya dengan kepunyaan honda PCX 150, karena selain murah juga dapat tahan lebih lama dibandingkan bawaannya.

Sampai sini dulu yah artikel tentang Cara hilangkan gredek pada vario 125 dan 150. Apabila masih belum ada perubahan silahkan periksa komponen lainnya dibengkel langganannya.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post