Pahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Honda

Pahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Honda

Gobengkel - MIL atau kepanjangan dari malfunction indicator lamp adalah sebuah lampu indikator yang berfungsi menandakan ada nya kerusakan ata error pada sistem injeksi.

lampu mil honda

Lampu indikator ini otomatis menyala saat pertama kontak on selama kurang lebih 1 detik dan akan mati kembali apabila tidak ada gangguan pada sistem injeksi.

Apabila masih menyala berarti terjadi gangguan, dan perhatikan kedipan lampu indikatornya karena itu menyampaikan kode kerusakan di bagian motor.

untuk menghitung kedipan MIL itu sendiri terbagi menjadi 2 macam bagian pada kedipan tersebut
  • Satu kedipan panjang kira-kira 1,3 detik pada lampu indikator sama artinya dengan 10 kedipan pendek.
  • Kalau untuk satu kedipan pendek MIL kira-kira 0,3 detik, tetap dihitung satu.
Untuk lampu indikator MIL tidak sembarangan berkedip, nah sekarang gobengkel akan memberi pemahaman tentang jumlah kedipan yang dihasilkan pada lampu MIL motor honda.

  • 1 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian MAP (manifold absolute pressure) yang menyebabkan tingkat kevakumannya tidak stabil, dan membuat motor kurang bertenaga.
  • 7 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian ECT (engine coolant temperature) yang meyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, dan membuat borosnya bahan bakar.
  • 8 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian TP (throttle position) yang menyebabkan sulit untuk starter, dan borosnya bahan bakar.
  • 9 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian Sensor IAT (Intake Air Temperature) yang berfungsi untuk mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, yang menyebabkan kurangnya tenaga pada putaran menengah.
  • 11 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian Sensor VS (Vehicle Speed) khusus untuk motor yang menggunakan ISS, sebagai indikator kecepatan kendaraan.
  • 12 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian sistem injector yang mengalami kerusakan atau longgar, yang menyebabkan motor tidak bisa menyala.
  • 21 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian Sensor O2 (Oxigen Sensor) yang berfungsi untuk mendeteksi gas buang hasil pembakaran, yang menyebabkan suara tembakan pada knalpot.
  • 29 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian Rangkaian IACV ( Intake Air Control Valve) berfungsi sebagai komponen pembantu untuk menyalakan mesin, yang menyebabkan kasarnya suara motor saat langsam.
  • 33 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian ECM (Engine Control Module) yang merupakan otak dari sistem injeksi, yang menyebabkan motor pasti tidak bisa menyala.
  • 54 kali kedipan menandakan kerusakan pada bagian Sensor BAS (Bank Angle Sensor) yang berfungsi untuk mematikan motor secara otomatis saat posisi motor mencapai kemiringan 60 derajat, menyebabkan motor tetap hidup saat jatuh.
Nah itulah beberapa arti kedipan dari mil indikator pada motor injeksi honda, pada umumnya semua arti kedipan sama saja untuk semua motor honda, mungkin yang membedakannya adanya fitur baru pada sistem injeksinya.

Setelah melakukan perbaikan pada sistem injeksi yang bermasalah, sebaiknya lakukan reset ecu dan dtc pada motor honda agar tidak terjadi kedipan yang sama setelah diperbaiki.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post