aki kering soak? begini cara perbaikinya!

aki kering soak? begini cara perbaikinya!

bongkar aki kering motor


peranan aki sangat penting untuk kendaraan bermotor, yang mana berfungsi sebagai sumber kelistrikan dan banyak juga motor keluaran terbaru yang menjadikan aki sebagai fungsi utama pada motor.

perhatikan motor yang sudah menganut sistem injeksi pasti tidak akan bisa hidup tanpa menggunakan aki, karena semburan bensin yang dihasilkan dijalankan dengan mengunakan aki. 

dan untuk melihat aki yang lemah bisa  diketahui dengan melihat kedipan pada indikator mil. atau lampu sein yang mulai terlihat redup.

aki sendiri terbagi menjadi 2 yaitu aki kering dan aki basah.

  • aki basah memerlukan perawatan unutuk tetap menjaga volome pada air aki agar tetap stabil. bisa dilihat dari petunjuk pada aki tentang upper dan lower. dan untuk aki basah relatif lebih murah.
  • aki kering adalah pengembangan dari aki basah yang mana tidak memerlukan lagi perawatan air aki, dan memiliki tegangan yang besar dan stabil. untuk aki basah relatif lebih mahal.
nah kali ini gobengkel akan membahas tentang cara memperbaiki aki kering yang soak, karena biaya untuk membelinya yang relatif mahal. kenapa tidak coba diperbaiki dahulu selagi bisa?

berikut alat yang perlu disiapkan untuk memperbaikinya :

  • air aki atau cairan accu (cairan untuk mengisi aki baru)
  • obeng plus dan minus
  • kain lap
  • casan aki
  • multitester / voltmeter
  • lem power glue atau lem korea

untuk langkah - langkahnya 

bongkar aki kering motor
  1. gunakan multitester untuk dengan DC dan arah kan ke 50 volt, tempelkan bagian positif dan negatif pada aki ke multitester. kalau menunjukan masih 11 samapi 12 volt, berarti tinggal sentrum saja aki dengan casan aki. kalau dibawah 11 volt lanjut ke tahap berikut.
  2. buka bagian penutup air aki biasanya yang ada tulisan dont not open, congkel dengan menggunakan obeng min yang sudah disiapkan tadi.
  3. setelah terbuka perhatikan ada 6 lubang aki untuk aki 12 volt, yang mana pada masing - masing lubang menyimpan tegangan 2 volt.
  4. kalau sudah terlihat jelas lubangnya bisa di isikan dengan air aki yang tadi sudah di siapkan pastikan air aki yang dipakai untuk pengisian aki baru bukan untuk isi ulang.
  5. tutup semua bagian aki yang sudah dibuka tadi dan pastikan semua tertutup rapat agar tidak terjadi kebocoran bisa mengunakan lem korea yang sudah dipersiapkan tadi.
  6. sekarang lakukan pengecasan aki setelah dicas periksa lagi dengan tester untuk melihat tegangan volt pada aki apa sudah normal 12 volt atau tidak.
untuk yang masih tidak bisa berfungsi normal pada aki nya berarti terjadi kerusakan pada bagian dalam komponen aki yang mengharuskan membeli aki baru.

nah semoga tips cara perbaiki aki kering yang soak bisa membantu, dan saya ingatkan sekali lagi untuk aki yang tegangannya masih 12 volt tidak perlu membongkarnya hanya cukup melakukan charging pada aki tersebut.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post