Berbagai Macam Alat Servis motor dan Kegunaannya

Berbagai Macam Alat Servis motor dan Kegunaannya

Gobengkel - Untuk melakukan servis atau memperbaiki motor pastinya kita memerlukan alat untuk servis, tanpa adanya alat-alat servis seorang mekanik handal pun tidak bisa apa-apa.

peralatan tangan yang umumnya di gunakan pada pekerjaan servis dan perbaikan motor dibagi menjadi beberapa macam, nah untuk yang ingin membuka usaha bengkel atau ingin melakukan servis dirumah sendiri pastikan alat dibawah ini sudah lengkap.

beberapa jenis alat-alat tangan yang umum dipakai yaitu;  

  • kunci
  • obeng
  • tang
  • palu
  • solder


1. KUNCI

adalah alat pokok dalam servis yang sering dipakai untuk perbaikan sepeda motor, kunci ini dibagi menjadi 6 jenis yaitu; 

  • kunci pas
  • kunci ring
  • kunci kombinasi
  • kunci sok
  • kunci L hexagon
  • kunci ingris
nah inilah enam jenis dan macam-macam kunci yang umum di gunakan, sekarang kita akan bahas satu persatu.


macam-macam kunci pas
macam-macam kunci pas
  • KUNCI PAS
    Alat ini berfungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan mur dan baut. untuk kunci pas itu sendiri mempunyai berbagai macam ukuran dan sangat bervariasi, tapi kali ini yang kita bahas untuk konci pas yang umum digunakan,

    berikut 
    ukuran yang biasa di gunakan dalam hitungan (mm):
    - kunci pas ukuran 6-7
    - kunci pas ukuran 8-9
    - kunci pas ukuran 10-12
    - kunci pas ukuran 12-13
    - kunci pas ukuran 14-17
    - kunci pas ukuran 17-19
    - kunci pas ukuran 22-24

    untuk ukuran panjang batang kunci pas biasanya disesuaikan dengan ukuran kunci tersebut. Makin besar ukuran kunci pas tersebut maka makin panjang juga batangnya. Sebaliknya makin kecil ukuran kunci pas tersebut maka makin pendek pula batangnya.
macam macam kunci ring
macam-macam kunci ring
  • KUNCI RING
    untuk kunci ring fungsinya sama dengan kunci pas. bedanya untuk kunci ring memiliki kelebihan yaitu dapat memegang mur atau baut pada semua sisi segi enam sehingga lebih kuat. dan kunci ini dapat digunakan untuk pekerjaan tertentu yang tidak bisa dilakukan oleh kunci pas.

macam-macam kunci kombinasi
macam-macam kunci kombinasi


  • KUNCI KOMBINASI 
    fungsinya sama dengan kunci pas dan kunci ring, karena alat ini adalah perpaduan kunci pas dan kunci ring. satu kunci yang memiliki dua mata yang berbeda.
kunci sok
kunci sok



  • KUNCI SOK
    alat ini secara umum memiliki fungsi atau kegunaan yang sama dengan kunci-kunci sebelumnya. namum kunci ini memiliki kelebihan untuk mengencangkan dan mengendurkan baut lebih kuat, seperti baut atau mur yang sudah dibuka dengan konci sebelumnya bisa mengunakan kunci ini untuk membuka nya.

macam macam konci L
macam-macam kunci L


  • KUNCI "L" HEXAGON
    kunci L hexagon dirancang khusus berbentuk huruf '' L '' dan berfungsi untuk membuka dan memasang skrup yang kepalanya hexagon.

macam-macam konci inggris
macam-macam konci inggris


  • KUNCI INGGRIS
    alat ini dirancang khusus dapat disetel. di perbesar atau di perkecil sesuai dengan kebutuhan. mungkin untuk ukuran semua kunci dimiliki konci inggris.

    kelebihan dari konci ini lebih praktis karena dapat mencakup semua ukuran, tapi untuk kunci ini memiliki kelemahan saat membuka baut atau mur yang keras.


macam-macam jenis obeng
macam-macam jenis obeng

2. OBENG

alat ini juga termasuk peralatan tangan yang utama dalam servis sepeda motor. obeng pada dasarnya dapat dibagi dalam ukuran kecil, sedang dan besar, tetapi berdasarkan penggunaanya secara umun obeng dapat kelompokkan menjadi 3 yaitu; obeng plus (+), obeng minus (-), dan obeng ketok. alat ini digunakan untuk melonggarkan dan mengencangkan baut dan sekrup. 

berdasarkan fungsi dan bentuknya, maka obeng dapat dibagi menjadi empat macam yaitu;  


  1. obeng diameter batang biasa, dengan ukuran pendek bervariasi. obeng ini digunakan menyetel campuran bahan pada karburator jenis sport. 
  2. obeng diameter batang kecil, tetapi panjang. obeng ini digunakan untuk menyetel campuran bahan bakar pada karburator jenis cub atau bebek. 
  3. obeng T panjang, untuk pekerjaan khusus yang tidak bisa dilakukan dengan jenis obeng di atas, maka telah dirancang obeng T panjang (+), dan (-) serta obeng panjang besar (-). yang berfungsi untuk membuka dan memasang tutup magnit.
  4. obeng ketok, alat ini didesain khusus juga, berfungsi untuk membuka dan mengeraskan sekrup dan baut yang memerlukan momen atau kekencangan yang cukup besar atau ikatan kuat, dan biasanya pengerjaan dengan obeng biasa tidak bisa dikerjakan, maka dengan obeng ketok pasti bisa dikerjakan.
     


macam-macam jenis tang
macam-macam jenis tang

3. TANG

Tang biasanya digunakan pada servis sepeda motor, fungsi tang itu sendiri biasanya digunakan untuk memotong, menahan sesuatu, atau membengkok kan.

untuk tang dibagi beberapa macam dan fungsinya :

  • tang potong
  • tang long nose
  • tang cirklip
  • tang kabel
  • vice grip atau tang buaya



  • 1. TANG POTONG
    tang potong berfungsi untuk memotong benda kerja. tang ini umumnya memiliki perbandingan tertentu antara handle dan dan ujung potong.

    perbandingan tersebut ditentukan oleh panjang jarak dari engsel lengan handel dan ke mulut potong. 


  • 2. TANG LONG NOSE
    tang yang di rancang khusus sebagai pemegang komponen-komponen yang sangat kecil pada tempat yang sempit, biasanya di sebut '' long nose plier''.

    long nose plier ada mulutnya yang berbentuk gepeng, adapula yang berbentuk bulat. dan pada bagian mulut ada yang berbentuk lurus dan ada yang berbentuk bengkok. 



  • 3. TANG CIRKLIP
    tang jenis ini biasa di gunakan untuk melepas dan memasang cirklip, tang ini di buat dengan dua macam bentuk yaitu ;

    - tang cirklip berbentuk internal berfungsi untuk melepas dan memasang internal cirklip.

    - tang cirklip berbentuk external di gunakan untuk melepas dan memasang external cirklip. 




  • 4. TANG KABEL
    Alat ini didesain khusus untuk memotong dan mengupas kabel serta memasang sepatu kabel, dengan berbagai macam ukuran kabel sesuai dengan kebutuhan. Jenis tang ini banyak digunakan pada waktu menservis bagian kelistrikan sepeda motor.



  • 5. VICE GRIP atau TANG BUAYA
    Alat ini di rancang khusus dan umumnya dapat disetel, yaitu diperbesar atau di perkecil, alat ini berfungsi untuk memegang atau menahan benda yang tidak bisa dipegang oleh tang lain atau kunci lain. karena kekuatan gigitan tang ini sangat kuat.


macam-macam jenis palu
macam-macam jenis palu

4. PALU

Palu adalah jenis alat tangan yang juga sering dipakai dalam pekerjaan servis sepeda motor. Dan palu ini dirancang dalam empat macam yaitu : palu karet, palu plastik, palu tembaga dan palu besi. 

Secara umum palu berfungsi untuk memukul dan membantu proses penyelesaian suatu pekerjaan servis dan reparasi, tetapi secara khusus di setiap jenis palu penggunaanya beda-beda.

berikut jenis macam palu dan kegunaannya :
  • Palu karet, palu jenis ini gunanya untuk memukul benda-benda dari jenis lunak dan keras, tanpa merusak komponen yang dipukul. 
  • palu plastik, palu jenis ini Kegunaannya sama dengan palu karet, dan tanpa merusak benda kerja yang dipukul. 


  • Palu tembaga, palu jenis tembaga di gunakan untuk memukul benda-benda yang terbuat dari bahan logam yang keras dan tanpa merusak komponen yang dipukul. 


  • Palu besi, berfungsi untuk memukul benda-benda dari bahan logan yang keras yang dibantu dengan perantara.


alat solder
alat solder

5. SOLDER

Pada proses penyolderan memerlukan panas pada ujung mata solder, sehingga timah solder dapat mencair dan mengisi bagian yang akan di solder. Panas tersebut dapat dihasilkan dari bara api terbuka atau arus listrik. 

Ujung mata solder umunya terbuat dari bahan tembaga. Periksa selalu kabel penghubung arus listrik jangan sampai ada yang putus, atau pembungkus kabel yang rusak. Lakukan berbaikan bila ada kerusakan dan pergunakan solder sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post