belajar servis cvt motor matik sendiri dirumah

belajar servis cvt motor matik sendiri dirumah

pada motor metik terdapat bagian lain untuk di servis selain mesin, cvt tidak kalah pentingnya untuk diservis. pada umumnya servis cvt dilakukan setiap 3 bulan sekali agar mencegah haus pada komponen cvt.

apa itu cvt? komponen yang hanya ada di motor matic, cvt hampir sama fungsinya seperti rantai dan gear motor manual, yang membedakannya adalah cvt tidak memerlukan perpindahan gigi seperti motor bebek, dia akan otomatis menyesuaikannya.

nah untuk yang malas ke bengkel untuk servis, bisa dilakukan dirumah, dengan beberapa yang harus disiapkan.

berikut alat yang diperlukan untuk membongkar cvt :


  1. kunci lengkap atau minimal kunci T10, T8, kunci sok 17, 19, 22, 24, dan kunci treker cvt
  2. kain bekas yang bersih
  3. bensin
  4. wadah untuk membersihkan
  5. gemuk cvt atau ct grease

setelah semuanya sudah lengkap lanjut ke tahap bongkar cvt, apabila motor masih keadaan panas maka biarkan dingin terlebih dahulu untuk mencegah agar baut tidak slek atau rusak.

pertama buka baut yang menempel pada bak cvt biasanya menggunakan konci T8. jumlahnya lumayan banyak mengitari bak.


bongkar cover cvt

setelah sudah terbuka semua lepaskan bak cvt, apabila susah berarti masih ada baut yang tertinggal, kalau tidak ada coba di ketuk pelan pelan dari belakang.

lanjut membuka puli depan, biasanya untuk motor honda menggunakan konci sok 22, kalau untuk yamaha mengunakan sok 17. gunakan treker untuk menahannya atau bisa diganjal dengan baut.

setelah terbuka, lepaskan semua bagian puli depan, untuk motor mio lama perhatikan baik-baik urutan ring tipisnya pada puli.

perhatikan mana yang perlu diganti seperti roller yang peang, bos rumah roller sudah oblak, jalur v-belt dirumah roller sudah terkikis. ini biasanya yang membuat suara aneh pada motor.

lanjut ke bagian puli belakang, buka dengan menggunakan treker dan kunci 19 atau 17  tergantung jenis motor. lihat posisi dan cara membukanya pada gambar dibawah ini


buka puli belakang beat

setelah sudah terbuka, terdapat baut lagi untuk membuka bagian kampas gandanya. berikut gambar untuk membukanya.


buka kampas ganda matik
sumber: ariblogmotor.com

nah pada bagian ini harus berhati-hati, karena terdapat per cvt didalamnya, saat mulai kendur bukalah dengan pelan agar tidak mental.

setelah terbuka terdapat yang namanya sleding shave, cara membuka komponen ini biasanya dengan di congkel. lihat gambar dibawah.


buka sleding sheave


setelah terbuka biasanya akan terlihat gemuk yang sudah lama atau kotor didalamnya, bersihkan semua mengunakan bensin dan wadah yang tadi disiapkan.


bersihkan sleding sheave
sumber: ariblogmotor.com

yang nantinya pada komponen ini setelah dibersihkan akan dikasih gemuk atau grease cvt. seperti yang tadi sudah disiapkan.

nah jangan lupa cek ketebalan kampas gandanya. kampas ganda yang sudah tipis dapat mengurangi tenaga pada motor.


kampas ganda beat baru

gambar diatas adalah contoh kampas ganda baru, apabila kampas ganda jauh terkikis dari perbandingan kampas baru, sebaiknya ganti dengan yang baru.

sekarang kalian tinggal membersihkan komponen lainnya diwadah yang sudah dikasih bensin, pastikan semuanya bersih.


cuci dengan bensin komponen cvt
sumber : ariblogmotor.com

jangan lupa memberikan gemuk atau grease cvt pada part yang perlu dilumasi, agar tidak cepat aus pada cvt.

untuk cara pasangnya kembali mungkin sudah tau yah, tinggal membaca ulang cara diatas, sekarang kalian sudah bisa bongkar pasang dan servis cvt dirumah, baca juga tentang bagian dasar pada mesin motor. sekian dari saya semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post