cara merubah arus kelistrikan motor menjadi dc

cara merubah arus kelistrikan motor menjadi dc

apa itu arus listrik dc? arus dc pada motor adalah arus listrik searah yang mempunyai tegangan tetap, sumber tegangan arus tersebut terdapat pada baterai atau aki.

semakin canggihnya teknologi, motor sekarang sudah hampir semuanya menerapkan sistem arus dc, kekurangannya adalah tidak bisa menambah tegangan yang tinggi.

sangat cocok untuk yang ingin memasang lampu hid atau led pada motor. tapi ada juga yang masih salah dalam hal merubahnya yang membuat aki pada motor menjadi lemah atau tekor. dan bisa membuat hilangnya pengapian motor.

cara ini diperuntukan untuk motor jenis lama yang belum mengunakan system injeksi, seperti motor beat karbu, berikut langkah - langkah cara mengubah arus kelistrikan motor menjadi dc :

- copot aki terlebih dahulu, untuk mencegah terjadinya konsleting atau bisa juga lepaskan kabel (+) positif pada aki.


copot aki motor


- buka bodi dan cari bagian kiprok setelah ketemu putuskan kabel berwarna kuning lalu di isolasi dan biarkan terputus.


putuskan kabel kuning kiprok

- buka bagian depan motor cari kabel penerangan dari kiprok yang menuju ke atas, biasanya untuk yamaha dan honda berwarna kuning kalau untuk suzuki kuning strip putih.

- setelah ketemu putuskan kabel tersebut, yang nanti akan disambung ke kontak. yang dipakai adalah kabel yang dari atas yah bukan yang dari bawah.

- cari arus kontak pada posisi on, untuk caranya menggunakan avo meter atau bisa juga menggunakan piting lampu senja, carilah arus yang mengalir pada posisi kontak on, biasanya ada satu kabel dari aki yang pada posisi kontak off tetap menyala.

- apabila sudah ketemu sambungkan kabel kontak on dengan kabel penerangan kiprok tadi yang sudah diputus, untuk kabel kontak jangan diputus

- dan awas jangan sampai salah nyambung kabel. yang kita pakai adalah kabel yang dari atas pada jalur penerangan kiprok.

- solasi semua kabel yang sudah disambungkan agar tidak terjadi konsleting.

untuk yang ingin mengubahnya menjadi fullwave nanti dilain waktu akan saya bahas, ini hanya trik sederhana saya untuk yang ingin mengunakan lampu led. baca juga tentang bagian dasar sepeda motor. semoga dapat membantu.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post