Penyebab Motor Boros Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Boros Dan Cara Mengatasinya

banyak orang yang mengeluh tentang borosnya bahan bahar pada kendaraannya, lain ceritanya dengan motor yang mempunyai kapasitas mesin yang besar yang sudah pasti banyak meminum bahan bakar.

motor yang boros identik dengan motor yang masih menggunakan karbulator. karena untuk motor yang sudah menganut sistem injeksi saya rasa tidak ada keluhan untuk hal ini.

ada sebagian orang yang segaja memboroskan kendaraan mereka dengan alasan tertentu, karena pada dasarnya motor yang boros dapat membuat mesin tidak cepat panas, dan dapat menambahkan sejumlah tenaga pada mesin motor.

efek samping borosnya motor akan menimbulkan kerak pada bagian mesin motor. yang menurunkan performance mesin.

pasti sebagian orang menginginkan kendaraan yang irit, ini faktor yang bisa menyebabkan borosnya kendaraan.


pengapian motor yang kecil


contoh busi haus

mungkin akan timbul beberapa pertanyaan, kok pengapian motor si? nah bila pengapian motor kecil maka tenaga motor juga kecil, dan yang pasti akan membuat mengendara lebih banyak menarik gas yang membuat bensin lebih banyak keluar.

langkah pertama yang harus dilakukan adalah coba cek busi pada motor apabila api yang dihasilkan merah coba ganti dengan busi yang baru, apabila masih merah, cek bagian pengapian pada motor.

karbulator yang bermasalah

borosnya motor paling sering terjadi pada bagian karbulator, coba lihat bagian koin kuning pada karbulator, untuk injeksi juga ada.


koin kuning karburator

biasanya motor yang sudah berumur akan membuat celah pada koin tersebut, apabila ada celah maka saat gass ditutup bahan bahar akan tetap masuk lebih banyak melalui celah tersebut.

buka bagian koin dengan obeng dan gantilah dengan yang baru, apabila tidak bisa bawah ke bengkel langganan terdekat.

saya menyarankan mengganti semua bagian dalam karbulator, kalian cukup membeli karbulator kit dengan harga 15rb dibengkel.


mesin yang bukan lagi standar


mesin bore up

untuk yang sudah pernah oversize pada seher telah mengalami kenaikan cc pada mesin, seperti yang saya bilang diatas tadi mesin berkapasitas besar membutuhkan banyak bahan bakar, beberapa artikel saya pernah membahas tentang kenaikan cc pada mesin beat injeksi

cara mengatasinya untuk yang sudah pernah oversize atau bore up pada kendaraan. saya menyarankan untuk mengganti boring blok silinder anda dengan yang baru, cukup membawa blok silinder ke tukang bubut terdekat untuk di ganti dengan boringan yang standar.

tutup tangki yang tidak rapat


karet tutup tangki rusak

hal ini juga dapat mempengaruhi borosnya bahan bakar, karena apabila dibiarkan maka bahan bakar akan memuai terkena angin, coba perhatikan karet pada tutup tengki.

apabila sudah rusak gantilah dengan yang baru agar menjaga kelembapan tangki anda. dan jangan lupa menutup tangki setelah mengisi bahan bahar.

suhu mesin yang terlalu panas


mesin motor terlalu panas

untuk motor yang mengunakan sistem radiator perhatikan indikator radiatornya, apabila sudah kering segeralah isi atau ganti dengan yang baru.

karena suhu mesin yang panas membuat bahan bakar cepat memuai saat memasuki ruang kompresi. untuk motor yang tidak memiliki sistem radiator perhatikan kipas pada bagian magnet motor apakah sudah bekerja dengan semestinya atau ada kerusakan.

saringan udara yang kotor


saringan udara yang kotor

fungsi komponen ini sebagai penyaring udara yang masuk ke karbulator untuk bercampur dengan bensin, apabila kotor maka udara yang masuk akan tersumbat yang membuat bahan bahar masuk lebih banyak ke ruang bakar.

bersihkan saringan udara secara berkala untuk menjaga udara yang masuk tetap fresh, apabila sudah tidak bisa dibersihkan lagi segeralah ganti dengan yang baru dibengkel terdekat.

mungkin itu saja yang saya tahu tentang mengatasi motor yang boros, apabila ada faktor yang terlewat tentang membuat motor boros, silahkan berikan masukan anda dikolom komentar.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post