Deteksi Sumber Hilangnya Pengapian Motor

Deteksi Sumber Hilangnya Pengapian Motor

Gobengkel - Sebagai pengendara atau penguna sepeda motor kita juga harus memperhatikan kendaraan yang kita gunakan tersebut, servis rutin itu harus dilakukan pada kendaraan anda. tapi sering kali yang terjadi pada sepeda motor adalah sering hilangnya pengapian secara tiba-tiba atau mendadak saat sedang berkendara, mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami hilangnya pengapian secara tiba-tiba?

dorong motor

pengapian motor adalah sumber pembakaran pada mesin motor dan sangat mempengaruhi performance atau tenaga motor tersebut. percikan apinya berfungsi membakar campuran udara dan kabut bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

Apabila tidak ada api maka tidak ada pembakaran yang membuat mesin tidak bisa hidup, mungkin buat yang bingung harus mulai darimana? kita akan mencari pokok permasalahannya satu persatu kita mulai dari


sistem pengapian motor


Pengecekan Pada Busi

Kenapa komponen pertama yang harus dicek itu busi? karena busi itu urutan proses pengapian yang terakhir yang bisa memercikan api, gimana cara cek businya? yah dicopot dong businya.

Setelah busi dicopot pasang lagi kop busi ke businya dan dekatkan pada mesin motor, lalu coba engkol atau starter. warna api yang biru menunjukan pengapian yang normal apabila apinya berwarna merah gantilah busi dengan yang baru dan kalo tidak mengeluarkan api itu menunjukan bahwa ada masalah pada komponen pengapian kalian dan cek ke komponen lainnya. busi juga dapat menjadi penyebab borosnya bahan bahar pada motor lho..


Pengecekan Pada Koil

Koil adalah sebuah komponen motor untuk melipat gandakan arus listrik dari spul motor, tapi pada umumnya koil itu jarang mengalami kerusakan, lah terus gimana dong kalo koilnya engga rusak? yah kan belum dicek, coba lalukan pengecekan terhadap koil tersebut.

Cara pengecekannya mudah, kalian tinggal cabut kabel yang menuju busi dan coba tempelkan ke mesin motor, apabila keluar api berarti normal tapi kalo tidak keluar api, coba cabut kabel yang menuju koil lalu tempelkan ke mesin atau kerangka motor, apabila keluar api berarti normal, namun bila tidak keluar api coba cek komponen lainnya.


Pengecekan Pada CDI

CDI itu bisa dibilang otaknya pengapian motor, lah motor kok punya otak? itukan cuma umpama wooy.. lanjut. CDI itu sendiri sama dengan koil yang jarang mengalami kerusakan, namun lain ceritanya kalo terjadi koslet atau memang CDI itu sendiri bukan aslinya. yah mungkin bisa saja mati.

cara pengecekan CDI itu sendiri dibilang gampang gampang susah, tenang aja tapi kebanyakan gampangnya ^_^
biasanya orang mengunakan avometer atau tester tapi buat saya itu terlalu ribet, bukan begitu sodara-sodara? cara sederhana kita tinggal ngecek kabel yang berwarna orange ditempelkan pada mesin atau kerangka kalo apinya gede awas kebakaran wkwk :D itu tandanya normal. tapi kalo apinya kecil kemungkinan CDI lemah.


Pengecekan Pada Kontak

Emang ngaruh yah kontak motor? coba aja kalo engga di kontak emang nyala? wkwk. bukan begitu maksud saya coba cek kabel yang terhubung dengan kontak motor karena biasanya soket pada kontak suka copot sendiri.


Pengecekan Pada Spul

Nah ini yang terakhir yang harus diperiksa adalah spul pada motor. selain bukanya yang lumayan repot sepul itu sendiri jarang mengalami kerusakan, cara melihat kerusakan pada spul biasanya terlihat dari fisiknya pasti ada yang gosong atau terbakar.

Kalau tidak ada yang gosong biasanya si masih bisa digunakan dan biasanya yang rusak ada pada bagian pulser yang mana pulser itu sendiri berfungsi sebagai titik buka pengapian, kalau pulsernya lemah maka apinya tidak akan keluar pada motor anda.


Nah jadi kalian sudah tau kan apa saja yang harus diperiksa saat motor hilang pengapian secara tiba-tiba? dan kenali juga dasar bagian mesin pada motor kalo masih belum ada juga pengapian pada motor kalian, saran dari saya si kalian coba ganti kabel bodi motor kalian dengan yang baru.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post