Kenali asal suara aneh mesin motor

Kenali asal suara aneh mesin motor

awalnya suara bunyi pada motor disebabkan kurangnya perhatian terhadap kendaraan itu sendiri, memang terkadang kita merasa kurang nyaman dengan suara yang ditumbulkan dari mesin motor. dan merasa kawatir dengan kondisinya.

tapi sebelum anda melakukan service ke bengkel, lebih baik kenali dulu asal dari suara tersebut agar tidak dikelabuhi oleh mekanik iseng, berikut beberapa bunyi yang sering muncul dikendaraan kalian.


suara ngelotok dibagian CVT

biasanya banyak matic keluaran baru dengan kilometer yang sudah lumayan mengeluhkan hal tersebut, tapi coba dengar dengan teliti. apabila benar bunyinya berasal dari bagian cvt bisa disimpulkan itu bunyi dari rumah roller yang sudah haus, untuk yang belum mengenal cvt itu apa sudah saya bahas sebelumnya tentang bagian bagian CVT motor matic.

lain ceritanya bila tadi bunyi ngelotok saat posisi langsam, kalo bunyi pada cvt saat rpm rendah biasanya masalahnya terdapat pada klaher yang terdapat dibagian bak cvt. lihat gambar dibawah ini contoh klaher bak cvt.


klaher bak cvt

untuk membuka klaher tersebut membutuhkan mekanik yang sudah terbiasa dengan itu, karena apabila salah dalam membukanya dapat membuat bak cvt tersebut bolong. untuk kisaran harga klaher bak itu berbeda-beda mulai dari 90-135rb untuk yg asli.


bunyi ngelotok dari tengah mesin

nah kalo ini bunyinya hampir sama dengan rumah roller yang sudah haus parah, bedanya kalo rumah roller yang haus, apabila digas suaranya akan berkurang atau menghilang, kalo masih bunyi berarti bukan berasal dari rumah roller tersebut.

menurut pengalaman saya, bunyi ngelotok dari tengah mesin ditimbulkan dari bagian stang seher yang sudah oblak atau haus, yang terdapat di bagian kruk as mesin, sebelumnya saya pernah membahas tentang pengertian kruk as. berikut gambar stang seher


kruk as

untuk memperbaiki stang seher yang sudah oblak anda harus membawa motor anda ke bengkel. karena harus membongkar semua bagian mesin sampai terbelah dua. untuk biaya memperbaikinya kalo ke bengkel bisa 800rb an, tapi kalo bisa sendiri lebih murah. 

berikut gambar bagian yang oblak pada stang seher

stang seher


sekarang sudah tahu yah gimana bunyi setang seher yang oblak atau haus. jangan sampai keliru dengan suara rumah roller.


suara ngelitik pada kepala cilinder head

ini suaranya kalo masih baru rusak tidak terlalu terdengar, tapi suara ngelitik ini biasanya terdengar pada bagian head motor. banyak hal yang mempengaruhi timbulnya suara tersebut.

salah satunya adalah bunyi ngelitik yang ditimbulkan oleh noken as yang sudah termakan usia, atau bisa juga disebabkan oleh keringnya oli pada mesin anda. 

noken as yang kemakan biasanya dibarengi dengan pelatuk noken as nya juga. jadi kalian mau tidak mau membeli noken as dan pelatuknya agar bunyinya benar benar hilang. nanti lain waktu akan saya jelaskan mengenai noken as. 

berikut gambar noken as yang sudah rusak atau kemakan


noken as rusak

oh iya nih sekalian contoh pelatuk yang sudah rusak :



rocker arm yang aus

untuk biaya yang dibutuhkan untuk membeli kedua sparepart tersebut berkisar 300rb untuk noken as dan 80rb untuk pelatuknya. mungkin harga yang saya kasih tidak sama dengan dibengkel tempat anda, tapi itu cuma gambaran harganya saja.

oh iya saya lupa, ada satu hal lagi yang membuat suara ngelitik dibangian head cilinder, coba kalian periksa kerenggangan setel klep nya, biasanya juga karena setelan klep yang renggang bisa menimbulkan ngelitik pada head mesin.

mungkin itu saja dulu yah, tambahan sedikit dari saya. apabila mesin bergetar saat rpm tinggi itu menandakan kruk as yang tidak balance atau stabil untuk pengertiannya tentang kruk as sudah dibahas di atas tadi.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post