Cara Membuat Motor Beat Injeksi Lebih Kencang Tanpa Bore Up

Cara Membuat Motor Beat Injeksi Lebih Kencang Tanpa Bore Up

Gobengkel - Sebenarnya motor matic dari keluarga honda sudah dibekali tenaga yang responsif, tapi masih banyak sebagian orang yang merasa masih kurang. nah untuk kalian yang merasa masih kurang dengan tenaga motor honda kalian khususnya beat f1 kali ini kalian tidak perlu Bore up.

beat korek aman

Karena banyak orang yang malas untuk ke bengkel melakukan Bore up mesin, selain biayanya lumayan, sayang juga kan mesin masih original sudah di bore up. perubahan paling banyak di bangian CVT

Cara kali ini dikhususkan untuk motor beat yang sudah menganut sistem injeksi, berikut yang harus diganti tanpa perlu bore up

Rumah Roller Beat Karbu Sangat Bagus Untuk Beat F1


Nah untuk bagian rumah roller beat injeksi, saya merekomendasikan kalian untuk menganti nya dengan kepunyaan beat karbu. kenapa kok beat karbu? karena beat karbu masih memakai ukuran roller yang kecil, yang mana jarak lontaran roller nya lebih cepat, kecilnya ukuran roller tersebut sangat mempengaruhi performance pada motor beat injeksi anda.

Contoh perbedaan rumah roller beat karbu dan F1


perbedaan rumah roller beat karbu dengan F1
yang kiri beat karbu yang kanan beat F1

Saya sudah membuktikannya sendiri di motor beat saya, dan perubahannya lumayan terasa, tergantung pemilihan roller nya. dan saya sudah banyak menyarankan kepada rekan-rekan saya.


Menetukan Ukuran Berat Roller


Kalo untuk berat roller saya bilang si relatif sesuai kebutuhan, yang penting kalo buat saya sendiri jangan pernah menyilang roller dengan yang beda beratnya, kenapa? 

Karena bila kalian menyilang nya dengan yang lebih ringan, maka yang lebih ringan akan terlempar lebih dulu dan dalam jangka waktu pendek akan mengalami kehausan terlebih dahulu pada yang lebih ringan yang membuat performance beat anda menurun.

Untuk anda yang tinggal di daerah ramai macet yang membutuhkan akselerasi anda bisa menggunakan roller ukuran 8gr rata, agar lebih responsif, namun bila anda yang ingin mengejar top speed anda bisa memakai ukuran 10gr atau 12gr, dan jangan disilang. oh iya jangan lupa yang anda beli adalah roller kepunyaan beat karbu yah. anda bisa lihat sendiri perbedaannya pada gambar diatas.


Menentukan Per CVT

Untuk bagian ini saya bilang si hanya penyempurna saja, tapi bagi kalian yang ingin total, untuk bagian ini kalian bisa menggantinya dengan yang racing dengan ukuran 1500rpm atau 2000rpm. tapi saya lebih menyarankan menggunakan ukuran 1500rpm saja, agar dapat mengejar top speed juga.

Fungsi dari mengganti per cvt ini adalah agar kampas ganda lebih cepat dan kuat mengigit mangkok ganda saat gas diputar, dan lebih responsif.


Untuk yang masih kurang anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya :

Papas Noken As atau Beli Yang Racing


Sudah terlalu dalam kita membahasnya hingga sampe ke bagian ini, noken as itu sendiri berfungsi sebagai titik buka tutup pada klep. yang mana klep itu sendiri berfungsi memasukan bahan bahar ke ruang ledakan atau kompresi, dan membuang sisa hasil bakar ke knalpot.

Untuk anda yang mempunyai budget pas-pasan bisa mempapas nya di tukang bubut terdekat dengan ukuran papas bagian pantat in dan ex 1-1,5 mm, ingat yah hanya pantatnya saja atau setengah lingkaran. dan jangan melebihi 1,5mm apabila seher anda masih ukuran standar. untuk biaya bubut nya kisaran 25-35rb.

Lihat garis merah pada gambar dibawah yang harus dipapas :


yang harus dipapas pada noken as
sumber: maniakmotor.com

Nah buat yang kebanyakan duit dan tidak mau repot anda bisa langsung beli noken as after market, kalo buat saya si meyaran kan noken as kawahara k1, yang mana harganya terjangkau sekitar 250-300rb, dan juga mudah dicari dipasaran.


Ganti Atau Bobok Knalpot


Tapi kalo anda yang tidak suka suara berisik silahkan lewatkan saja bagian ini, untuk knalpot itu sendiri sebagai tempat buang sisa ledakan mesin. maksud dari mengganti atau membobok nya untuk memperlancar pembuangan tersebut.

Disini saya menyarankan lebih baik pakai yang bobokan, untuk yang sayang knalpot standarnya di bobok anda bisa beli knalpot bekas di bengkel loakan terdekat dan membobok ulang di specialis knalpot langganan anda, karena knalpot bobok lebih support dengan mesin yang masih standar ketimbang knalpot racing atau aftermarket. dan saya menyarankan agar leher knalpotnya masih dengan ukuran standart.


masih kurang juga?

Ganti CDI Dengan Yang Aftermarket


Kenapa kok diganti? karena yang bawaan motor masih memiliki limiter pada pengapiannya. pernah coba anda ngebut dan tertahan seperti tidak mau naik lagi? nah itu dibatasi oleh CDI.

Ganti cdi dengan yang Unlimiter atau tidak terbatas agar pengapian motor anda lebih sempurna, banyak CDI dipasaran yang bisa didapat dengan mudah, tetapi cukup merogok kocek anda lumayan dalam,


Nungkin sampai situ dulu yah, kalau mau lebih anda bisa baca artikel saya tentang pengertian kruk as pada motor untuk ketahap lebih lanjut. dan kalian tidak perlu mengikuti semuanya, cukup beberapa saja yang saya rekomendasikan di atas.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

9 komentar

  1. Bang motor sy suka ribut di cvt. Bunyi krrkk.. krrkk... Gitu bang, padahal suka service tiap 6 bulan di bengkel resmi honda. Tapi kebanyakan mekanik baru yg handle sih. Mohon solusinya bang

    BalasHapus
  2. Coba periksa klaher yang ada di bak cvt sobat. Biasanya bunyi krrrk krrrk tersebut berasal dari klaher yang ada pada bak cvt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan nanya dong..

      Noken as nya pake yg karbu atau yg FI

      Hapus
  3. Kalau untuk harian+touring papas noken ass nya amannya di ukuran brp mm ya? Mohon infonya bro/sist

    BalasHapus
  4. Gan saya mau banyak apa benar pakai ring Mio jadi tambah lari Beatnya?

    BalasHapus
  5. Mas bro... Kalau sudah di rubah enak pake vanbelt karbu atau injeksi ya?

    BalasHapus
  6. Mas bro, klo sudah di rubah enak pakai vanbelt karbu atau injeksi ya?

    BalasHapus
  7. Gan noken as nya pake buat beat FI atau beat karbu?

    BalasHapus

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN SOPAN TANPA SPAM
DAN KOMENTAR ANDA AKAN SAYA HAPUS, JIKA :
» Menggunakan bahasa yang tidak sopan
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi

Iklan Tengah Post