5 penyebab mesin motor ngelitik dan solusinya
banyak juga kendaraan baru yang mengalami hal serupa, yang disebabkan oleh pemakain kendaraan yang kurang baik, agar tidak salah menduga kenali dulu suara aneh pada mesin motor, agar mempermudah perbaikan kendaraan.
nah kali ini saya kan menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan suara ngelitik pada motor dan cara mengatasinya.
keringnya oli pada mesin
sumber: aripitstop.com |
oli merupakan sebuah pelumas pada mesin, apabila terjadi kekeringan maka mesin tidak terlumasi dengan baik, alhasil akan meyebabkan gesekan pada mesin tanpa perantara yang membuat mesin cepat haus dan timbul suara aneh pada mesin motor.
pastikan mengganti oli tepat waktu secara berkala dan jangan biarkan mesin kekeringan yang membuat komponen haus dan rusak.
kalo suara ngelitiknya masih baru terdengar mungkin dengan menambahkan oli akan mengurangi atau bahkan menghilangkan suara tersebut.
piston dan boringan yang sudah haus
nah setelah kurangnya oli akan meyebabkan gesekan langsung pada piston dan boringan yang membuat haus pada komponen tersebut. terus bunyi ngelitiknya darimana? apabila piston dan boringannya mengalami kerenggangan dan membuat celah lebih besar maka pergerakan piston tidak presisi atau oblak dan menimbulkan suara aneh tersebut.
biasanya setelah ini terjadi knalpot akan mengeluarkan asap putih, darimana asap tersebut? dari oli yang menerobos masuk melewati celah piston yang renggang tadi ke ruang kompresi.
cara mengatasinya dengan cara membawa motor ke bengkel langganan untuk di oversize. untuk yang sudah mengenal mesin mungkin bisa membongkarnya sendiri dirumah.
tonjokan keteng (tensioner) yang sudah rusak
sumber: aripitstop.com |
fungsi dari tonjokan keteng tersebut untuk menjaga tegangan rantai agar sesuai yang dibutuhkan mesin, coba perhatikan rantai pada motor bebek apabila kendur pasti akan menimbulkan suara bukan? begitu juga dengan rantai keteng yang tidak di tekan baik dengan tensioner.
yang parahnya lagi apabila dibiarkan akan membuat rantai keteng loncat yang membuat noken as tidak bekerja dengan semestinya dan terjadi tabrakan pada klep motor.
cara mengatasinya dengan membeli tonjokan keteng (tensioner) baru dibengkel, atau bisa juga dengan mengcustom tonjokannya agar lebih awet dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, nanti akan saya bahas lain waktu cara membuatnya.
noken as/chamshaft yang sudah terkikis
noken as itu sendiri berfungsi sebagai pengatur buka tutupnya klep, apa bila sudah haus maka buka tutup klep tidak presisi dan mengalami kerenggangan celah pada pelatuk noken as. yang awalnya noken as bekerja mengangkat pelatuk akibat terkikis jadi bisa dibilang sekarang seperti di getok. alhasil suara pun timbul.
suara ngelitik yang ditimbulkan bisa juga dari renggangnya setelan klep pada pelatuk, dan coba untuk merapatkannya sesuai kebutuhan mesin.
untuk noken as yang sudah termakan atau terikikis saya menyarankan untuk menggantinya dengan yang baru, tapi sebenarnya bisa juga apabila tidak terlalu parah kemakannya bisa dengan dirapihkan ditukang bubut dan diubah sedikit durasinya.
bagian kopling yang sudah haus
kalo beberapa faktor diatas tidak ada masalah coba cek bagian koplingnya, karena rumah kopling yang haus dapat menimbulkan suara ngelitik pada mesin begitu juga dengan lahe pada gearbox nya.
sumber: kenthoetboreup.com |
cek juga bagian lain seperti kampas kopling dan rumahnya. apabila mengalami masalah segeralah ganti dengan yang baru agar tidak menjalar ke komponen lainnya.
semoga bisa membantu, apabila bunyi tak juga hilang silahkan bawa ke bengkel langganan anda untuk diperiksa lebih lanjut, atau bisa tinggalkan pesan melalui kontak saya. faktor diatas hanya beberapa yang sering terjadi pada mesin motor.
Baca Juga
Posting Komentar
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN SOPAN TANPA SPAM
DAN KOMENTAR ANDA AKAN SAYA HAPUS, JIKA :
» Menggunakan bahasa yang tidak sopan
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi