2 cara ampuh besarkan pengapian cdi motor

2 cara ampuh besarkan pengapian cdi motor

pengapian berfungsi untuk membakar bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang kompresi, banyaknya bahan bahar yang masuk dengan pegapian yang kecil membuat motor kurang bertenaga.

pada dasarnya CDI motor sudah memiliki batasan tersendiri untuk besar kecilnya pengapian. keuntungan yang didapat untuk besarnya pengapian diantaranya :

  1. tenaga pada motor akan bertambah
  2. umur busi akan lebih panjang
  3. tarikan motor akan semakin ringan
  4. pembakaran pada mesin lebih maksimal

keuntungan diatas akan didapat bila pasokan bahan bahar dan udara seimbang dengan bunga api. dan juga sudah melalukan bore up pada mesin motor. untuk motor yang masih standar bawaan dealer bukan berarti tidak boleh memcobanya.

beberapa cara untuk memperbesar pengapian diantaranya :

pasang kapasitor pada CDI motor

barang elektronik ini sudah banyak dibuktikan oleh mekanik jadul, memang terdengar seperti cara yang jadul. namun bukan berarti usang.

langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah kapasitor 4,7 mF/400 volt. 400 volt disamakan dengan output CDI, makin besarnya kapasitas makin besar juga output nya. harga kapasitor tersebut kisaran 8rb sampai 15rb di toko elektronik.

berikut gambar dan jenis kapasitor polar dan non polar

simbol kapasitor

- untuk yang atas adalah jenis kapasitor non-polar atau arus bebas yang bisa dibolak balik.
-untuk yang bawah adalah jenis kapasitor polar atau arus searah yang harus menentukan kutub positif dan negatifnya.

cara kerja kapasitor tersebut dengan menyimpan sementara muatan listrik dari cdi, pada saat diperlukan maka akan dilepaskan muatan tegangan kapasitor tadi ke koil.


lihat gambar diatas, cara memasangnya terbilang sangat mudah, cari kabel cdi menuju koil lalu lepaskan dulu kabel tersebut. sambungkan kaki kapasitor yang negatif ke kabel tadi lalu yang positifnya disambungkan kabel yang menuju koil. untuk kapasitor yang tidak memiliki negatif dan positif bisa bebas memasangnya. setelah disambung isolasi sambungannya agar tidak terjadi korsleting.

Upgrade bagian dalam CDI

untuk yang ini bisa dibilang lumayan rumit karena kita harus membongkar cdi yang sudah di cor dengan resin fiberglass. maka dari itu cara ini harus dikerjakan untuk yang sudah ahli di bidang elektronik.

langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencopot cdi dari motor, setelah di copot bongkar bagian dalam cdi nya.


bagian dalam cdi motor

seperti yang dilihat pada gambar diatas adalah bagian dalam cdi motor, nah lihat yang dilingkari merah pada gambar. itu adalah trafo pada cdi, silahkan copot menggunakan solder.

setelah dicopot buka tembaganya dan lihat ukuran tembaga dan arah lilitan pada tembaga agar nanti saat memasang tidak terjadi kesalan.


sesudah dibuka lilitan tembaganya, cari atau beli tembaga yang sama ukurannya dengan yang tadi tapi beli yang lebih panjang. tembaganya bisa didapat ditoko elektronik.

mulailah melilit tembaga yang baru dan tambahkan jumlah lilitan tembaga dari sebelumnnya, tambahkan sesuai kebutuhan. seteleh selesai jangan lupa untuk melakukan cor dengan resin fiberglass pada bagian cdi yang telah dibuka.

lakukan tes pada motor dan lihat hasilnya apakah berhasil. setelah berhasil lanjut ke tahap ubah derajat kemiringan busi agar lebih maksimal, mungkin itu saja semoga cara diatas dapat membantu.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post