Pentingnya Servis Motor bulanan dan biayanya

Pentingnya Servis Motor bulanan dan biayanya

servis adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk menjaga kinerja dan performance sebuah kendaraan, menjadi salah satu hal yang harus lakukan setiap bulan.

pada umumnya servis pada motor terbagi menjadi 2 yaitu servis ringan dan servis besar.

  • untuk servis ringan biasanya dilakukan pada beberapa bagian seperti karburator, bagian kopling, ganti seher, dan servis bagian CVT, dll. yang hanya meliputi beberapa bagian pada motor.



  • lain ceritanya dengan servis besar yang membongkar seluruh bagian mesin pada motor hingga menjadi 2 bagian, biasanya dibilang dengan turun mesin. dan dilakukan untuk keperluan mengganti bagian dalam komponen mesin motor.

    untuk lebih lanjutnya tentang pengertian servis besar dan servis ringan sepeda motor.


tapi tidak sedikit orang yang masih malas ke bengkel untuk servis karena berbagai alasan. Salah satunya adalah gak punya duit atau sibuk kerja.

Saat kalian memiliki kendaraan, seharusnya sudah semestinya merawatnya dan melakukan servis rutin bulanan pada kendaraannya.

Lagipula uang yang harus keluarkan untuk servis bulanan motor gak semahal seperti yang kamu bayangkan kok. lain ceritanya untuk yang servis besar.

servis motor bulanan

apabila jarang melakukan servis, yang ada motor akan cepat rusak. yang membuat biaya yang keluar lebih banyak lagi. untuk yang malas pergi kebengkel atau minim biaya, bisa belajar servis motor sendiri dirumah.

agar motor tetap terawat perhatikan hal-hal berikut saat melakukan servis bulanan:


1. Ganti oli

Ganti oli adalah hal terpenting atau bisa dibilang wajib, karena harus dilakukan setiap bulan agar mesin tetap terjaga dan tidak kekurangan pelumas.

Selain itu, karena fungsinya sebagai pelumas, jadi oli dapat melapisi bagian logam agar tidak terjadi kontak langsung dengan udara atau air. Selain itu, oli juga dapat melindungi mesin agar tidak mudah berkarat.

untuk jenis oli itu sendiri tidak boleh sembarangan. Karena itu, disarankan agar konsultasi terlebih dahulu dengan mekanik mengenai jenis oli yang tepat dengan tipe motor yang digunakan.

Soalnya hal tersebut sangat berisiko merusak mesin motor. Jadi, pastikan menggunakan merk dan jenis oli yang sama sejak awal.

Nah, untuk biaya ganti oli ini umumnya kamu harus mengeluarkan uang mulai dari 45ribu hingga 150ribu per liter, tergantung merek dan kualitasnya.



2. Servis tune up rutin

tune up juga tidak kalah pentingnya dengan ganti oli, harus dilakukan setiap bulan secara rutin. Tujuannya adalah agar dapat mengetahui kondisi motor tersebut.

untuk biaya tune up ini bisa dibilang cukup murah, yaitu sekitar 75ribu. tapi biaya itu hanya untuk periksa aja ya. Jadi ini belum termasuk kalau ada yang diperbaiki atau penggantian sparepart.

Akan tetapi, servis tune up ini umumnya paketan. Jadi, dengan mengeluarkan uang 75ribu, kamu sudah bisa:

  • Mengecek tekanan ban
  • Mengecek kondisi atau tegangan rantai
  • Karburator dan radiator dibersihkan
  • Mengecek alat ECU dan area CVT
  • Mengecek kondisi lampu (jauh, depan dan belakang), sen dan klakson
  • Saringan udara juga umumnya akan dibersihkan

Jika saat diservis tune up ternyata ada yang harus diperbaiki atau diganti, umumnya pihak mekanik akan bertanya terlebih dahulu ke anda. Jadi, gak perlu khawatir melihat tagihan yang meledak.

Akan tetapi, disarankan agar membawa uang lebih saat akan servis motor. Jadi, apabila ada yang harus diperbaiki atau diganti, bisa langsung dikerjakan. Daripada nanti harus ngantri-ngantri lagi kan.


3. Kampas rem

Rem adalah sparepart yang harus selalu diperiksa kualitasnya setiap bulan. coba bayangkan kalau mengendarai kendaraan tapi remnya tidak pakem? bisa bahaya sendiri di jalan karena takut menabrak sesuatu.

Karena itu disarankan agar rutin mengganti kampas rem setiap bulannya. Lagipula, harganya pun tidak terlalu mahal dibanding keselamatan pengendara.

kalo untuk kampas rem ini sendiri terbagi menjadi dua dengan harga yang juga berbeda pula, seperti berikut:

  • Kampas rem depan cakram harganya sekitar 45 ribu untuk yang asli dan 25 rb untuk yang biasa.
  • Kampas rem belakang tromol harganya sekitar 60 ribu untuk yang asli dan 35 ribu untuk yang biasa.

Akan tetapi, pihak mekanik umumnya akan memberitahukan apakah kampas rem perlu diganti atau tidak dan usia kampas rem dipengaruhi dari cara pemakaiannya.



4. Sparepart lainnya

beberapa sparepart yang rentang waktu pemakaiannya tidak selama sparepart lain. misalkan  aki yang bisa bertahan sekitar dua tahun. berikut cara mengatasi aki kering yang soak.

Lagipula, kalian juga tentu gak mau kan harus dorong-dorong motor di jalanan karena motormu mati akibat ada salah satu sparepart yang rusak.

ada juga beberapa sparepart khusus motor matic yang perlu diperiksa dan diganti, seperti:

  • Roller yang harganya berkisar antara 20 ribu sampai 35 ribu.
  • V belt yang harganya sekitar 75 ribu sampai 150 ribu.
  • kampas ganda yang harganya sekitar 110 ribu sampai 200 ribu.

Sama seperti kampas rem, usia beberapa sparepart tersebut juga dipengaruhi oleh cara pemakaiannya.


Jadi, total uang yang harus dikeluarkan kurang lebih adalah sekitar Rp 400 ribu per bulan. Gak mahal bukan? karena dengan mengeluarkan uang segitu, motor dijamin awet dan berkendara pun jadi lebih aman dan nyaman. itu tidak termasuk  pengantian sparepart yang diluar dugaan.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post