Deteksi rem ABS yang rusak pada motor

Deteksi rem ABS yang rusak pada motor

Seperti yang kalian tahu bahwa rem merupakan hal penting yang harus diperhatikan, bisa kalian bayangkan saat berkendara rem tidak berfungsi? ya, kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan hal fatal pada pengendara.

Deteksi rem ABS yang rusak pada motor

Nah berikut fitur baru rem pada mobil maupun motor adalah ABS (Anti-Lock Braking System), sesuai dengan namanya sistem ini berfungsi untuk mencegah agar rem tidak mengunci saat melakukan pengereman.

coba bayangkan saat melakukan pengereman lalu rem mendadak terkunci? wah bisa gawat nantinya.

Ketika rem mengunci kemungkinan akan terjadinya selip lebih tinggi, fungsi daripada rem adalah bukan untuk menghentikan kendaraan dalam sekejap. Tapi untuk memperlambat laju kendaraan, nah fungsi dari ABS ini berguna untuk mencegah terjadi nya penguncian yang bisa membuat ban selip.


ABS yang ada pada motor memiliki kedua fungsi yang sama yaitu untuk menjaga keselamatan. Dan teknologi ABS ini bisa dibilang masih baru untuk yang diaplikasikan pada kendaraan roda dua, dan maklum belum semua motor menggunakan system ABS ini.

Bicara soal keselamatan, bagaimana bila ABS ini rusak di sepeda motor kalian???

Maka ketika ABS ini rusak, rem masih dapat bekerja. Tapi ada baiknya bila kita mendeteksi terlebih dahulu tentang kerusakan pada rem ABS, karena ini demi keamanan berkendara.

Ciri Rem ABS Motor Rusak atau Bermasalah

Untuk mendeteksi adanya kerusakan pada rem ABS cukup perhatikan lampu indikator ABS pada spedometer kendaraan dan kenali arti kedipan pada indikator kendaraan. apabila lampu indikator ABS nyala atau berkedip saat mesin dihidupkan, berarti itu menandakan adanya masalah dengan rem kalian.

bisa juga dideteksi dengan melihat cara kerjanya, yang mana ketika tuas rem di tekan, akan terasa sedikit pantulan yang menandakan bahwa ABS pada motor bekerja.

nah, apabila tidak terjadi pantulan dan lampu indikatornya menyala, kemungkinan besar komponen ABS pada motor mengalami error atau bermasalah. dan segeralah bawa ke bengkel langganan kalian untuk segera diperbaiki.

Demikian , Deteksi rem ABS yang rusak pada motor, dan jangan biarkan masalah ini berlarut-larut karena dapat menyebabkan hal yan tidak diinginkan. semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post