Pengertian Kruk As atau Crankshaft Pada Motor
Gobengkel - Poros engkol atau Kruk as dan dalam bahasa inggrisnya crankshaft adalah sebuah komponen bagian dalam pada sepeda motor atau bisa dibilang inti dari sebuah mesin motor yang menunjang kinerja sebuah mesin. yang perlu diperhatikan pada Kruk as sepeda motor itu harus balance atau stabil, apabila Kruk as tidak balance maka akan terjadi getaran pada sepeda motor tersebut.
Fungsi utama dari Kruk as/poros engkol adalah mengubah gerakan naik turun yang diberikan dari piston/Seher menjadi gerakan memutar yang nantinya akan diteruskan ke transmisi.
Pengertian cara kerja kruk as
kruk as itu sendiri bekerja berputar pada bantalan sepeda motor yang terdapat pada dudukan utama as silinder mesin motor. berputarnya kruk as itu disebabkan oleh dorongan dari seher atau piston pada stang seher yang diteruskan oleh batang pemutar sehingga bergerak naik turun dengan stabil.Setelah kruk as naik turun dengan stabil maka akan diteruskan pada bagian CVT motor pada motor matic dan diteruskan lagi ke roda belakang sepeda motor agar dapat berjalan.
Bahan Dasar Pembuatan Kruk As
Bahan dasar kruk as itu sendiri terbuat dari baja yang keras dan dicampur dengan nikel. karena dia harus menopang bobot seher dan gerakan yang begitu cepat agar dia tidak mudah aus dengan panas yang lumayan tinggi pada mesin.Gangguan Pada Kruk As
Pada kruk as yang sering terjadi adalah menjadi gugus atau aus sehingga dapat menimbulkan suara pada bagian dalam mesin yang diakibatkan dari kurangnya perhatian terhadap oli mesin anda dan juga pemakaian yang sudah lebih dari 5 tahunUntuk memperbaikinya biasanya dengan jalan di under size yang artinya diameter poros dibulatkan lagi dengan jalan memperkecil diameter poros yang berkurang dari aslinya dan dapat dilakukan sampai 5 (lima) kali. kruk as yang sudah di undersize metalnya harus diganti dengan ukurun yang sesuai undersizenya tersebut.
Bagian-bagian Kruk As/Poros Engkol
Kruk as di bagi menjadi 5 (lima) bagian dasar, dan inilah bagian dasar dan fungsi pada bagiannya tersebut :
- Crank pin adalah bagian dari dari poros engkol yang berhubungan dengan langsung dengan batang piston, didalamnya terdapat lubang oli yang berfungsi untuk melumasi bidang gesek.
- Crank Journal adalah bagian dari poros engkol yang berhubungan langsung dengan blok silinder mesin, dan didalamnya juga terdapat lubang oli untuk melumasi main bearing tersebut.
- Balancer Weight adalah bagian dari poros engkol yang berfungsi sebagai penyeimbang saat poros engkol berputar.
- Lubang Oli adalah tempat mengalirnya oli ke seluruh mesin bagian crankshaft.
- Arm adalah bagian dari poros engkol yang menghubungkan antara crank journal dan crank pin.
Sekian artikelnya tentang pengertian kruk as/poros engkol mungkin belum semuanya dibahas dikarenakan kurangnya saya dalam mencari referensi, tapi semoga dapat membantu kalian yang membacanya.
Baca Juga
Posting Komentar
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN SOPAN TANPA SPAM
DAN KOMENTAR ANDA AKAN SAYA HAPUS, JIKA :
» Menggunakan bahasa yang tidak sopan
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi